Jumat, 22 September 2017

Pendidikan Multikeaksaraan


PROGRAM PENDIDIKAN MULTI KEAKSARAAN
DI PKBM MUTIARA KAMPAR

Pembukaan Program Multikeaksaraan
 
Pembukaan Program Pendidikan Multikeaksaraan
Pendidikan multikeaksaraan sebagai kegiatan yang secara khusus dikembangkan untuk mereka yang baru melek aksara dan dirancang untuk membantunya menjadi melek aksara fungsional serta menjadi peserta didik yang mandiri.

Peserta Pendidikan multikeaksaraan PKBM Mutiara Kampar
Pendidikan multikeaksaraan diselenggarakan dalam rangka mengembangkan kompetensi bagi warga masyarakat pasca-pendidikan keaksaraan dasar. Kompetensi lulusan pendidikan multikeaksaraan harus memiliki kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup tiga ranah hasil belajar, yang meliputi:
  1. Sikap, berupa dimilikinya perilaku dan etika yang mencerminkan sikap orang beriman dan bertanggung jawab menjalankan peran dan fungsi dalam kemandirian berkarya di masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup.
  2. Pengetahuan, berupa penguasaan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang pengembangan peran dan fungsi dalam kehidupan di masyarakat dengan memperkuat cara berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan berhitung untuk meningkatkan kualitas hidup.
  3. Keterampilan, berupa kemampuan menggunakan bahasa Indonesia dan keterampilan berhitung secara efektif dalam melakukan pengembangan peran dan fungsi untuk kemandirian berkarya di masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup.

Peserta pendidikan Multikeaksaraan
Pendidikan multikeaksaraan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan kritis peserta didik dengan dicapai melalui kegiatan membaca, menulis dan berhitung. Salah satu temayang diangkat yaitu “pekerjaan atau profesi” dengan sub tema “pertanian dan peternakan”. Hal ini dikarenakan disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada. Bahan ajar ini hanya stimulan bagi pendidik yang akan menyelenggarakan pendidikan multikeaksaraan dan pendidik diharapkan dapat memperluas pengayaan materi sesuai kearifan lokal setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar